Tencent Cloud Membuka Data Center di Jakarta, Indonesia

1 min read

Tencent Cloud Data Center Jakarta Indonesia
Photo by Achmad Al Fadhli on Unsplash

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Kabar gembira bagi pengguna cloud di Indonesia. Tencent Cloud membuka data center pertama di Jakarta, Indonesia. Kini infrastruktur dari Tencent Cloud tersebar ke 27 region dan 61 availability zone (AZ).

Dilansir dari rilis resmi Tencent Cloud bahwa mereka telah meluncurkan Internet Data Center (IDC) pertama mereka di Indonesia. Ini adalah bentuk komitmen Tencent Cloud untuk mendukung pertumbuhan bisnis di Indonesia dan Asia.

Data center ini berlokasi di CBD Jakarta dan telah beroperasi penuh, dan diklaim telah terhubung ke berbagai penyedia jaringan Internet di Indonesia dan juga ISP global. Selain itu mereka juga mengkombinasikan dengan Border Gateway Protocol (BGP) milik mereka untuk mencakup semua wilayah.

Menurut data dari Boston Consulting Group yang dikutip Tencent Cloud, Indonesia adalah salah satu pasar dengan pertumbuhan penggunaan public cloud tertenggi di Asia Pasific dengan total market size mencapai $0.8 milyar USD pada 2023.

Dengan populasi 270 juta, Indonesia adalah negara keempat terbesar dengan jumlah penduduk terbanyak dan memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Ditambah dengan sebagian besarnya adalah populasi anak muda, penggunaan internet dan mobile internet dikalangan tersebut sangat marak. Kami tertarik untuk meluncurkan Tencent Cloud IDC pertama di Indonesia, dengan tujuan untuk membantu meningkatkan potensi Indonesia dalam menggunakan cloud computing. Kami juga merasa bangga bahwa dengan adanya IDC baru ini maka dapat mengakomodasi kebutuhan bisnis di Indonesia dan Asia, dalam waktu bersamaan juga melebarkan jaringan global kami dengan 27 region dan 61 AZ.

Poshu Yeung, Senior Vice President, Tencent Cloud International

Langkah Tencent Cloud ini menyusul langkah dari provider cloud computing global yang sudah membuka data center di Indonesia yaitu Alibaba Cloud dan Google. Dan pada akhir tahun 2021 direncanakan AWS juga akan membuka data centernya di Indonesia.

Tentu sebagai pengguna cloud computing ini berita bagus karena semakin banyak pilihan baik dari fitur atau harga. Semoga semakin banyak pemain global yang membuka data centernya di Indonesia.