100+ Triliun Object di Ulang Tahun S3 ke-15

1 min read

Amazon S3 Ulang Tahun ke-15
100+ Triliun Objek 15 tahun setelah diluncurkan (Hak Cipta Logo: AWS – Ilustrasi: Rio Astamal)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Amazon S3 adalah layanan object storage yang paling populer hingga saat ini. Pada 14 Maret 2021 lalu tepat menjadi ulang tahun S3 ke-15. Dapat anda tebak berapa jumlah object yang disimpan pada S3 saat ini? Yaitu 100+ Triliun. Ya 10 dengan 14 nol dibelakangnya.

S3 adalah salah satu pionir dalam cloud computing dan produk pertama dalam katalog AWS. Karena model pricing yang digunakan sejak awal adalah pay-as-you-go artinya pengguna hanya membayar sesuai dengan sumber daya yang digunakan. Dalam hal ini jumlah request ke S3 dan besar storage yang dikonsumsi. Sehingga tidak ada kontrak jangka panjang atau pun model subscription.

Baca Juga
Static WordPress Hosting pada Infrastruktur TeknoCerdas

Dikutip dari blog resmi AWS bahwa desain awal dari S3 haruslah sederhana sehingga pengembang dapat menggunakannya tanpa perlu waktu lama. Dari awal pembuatan konsep bucket yang berisi objek yang diidentifikasi dengan sebuah string key sudah ditentukan. Desain API pun dari awal tidak jauh berbeda dengan saat ini yaitu:

  • buat bucket
  • list semua bucket
  • menulis object pada bucket
  • mengambil object pada bucket
  • menambahkan ACL pada object dan bucket

Ini salah satu kunci kenapa S3 sukses yaitu karena kesederhanaan desain sistem yang digunakan.

Salah satu fitur yang membuat S3 dipercaya banyak pengembang adalah durabilitas atau ketangguhan. Sejak 2010 S3 didesain untuk memberikan 99.999999999% durabilitas. Istilah kerennya adalah “9 11 kali”. Pengembang S3 memahami jika hardware, software, dan kegagalan jaringan pasti akan terjadi. Untuk itu S3 dibuat guna siap menerima itu dan secara otomatis menangani kegagalan agar data konsisten. Mereka menggunakan beberapa storage array, rack, cells dan Availability Zones.

AWS sepertinya terus menambahkan fitur pada S3 yang sudah memiliki 100+ triliun objek tersebut. Terbaru adalah S3 Object Lambda dimana pengembang dapat menambahkan sebuah fungsi Lambda ketika sebuah S3 object diambil atau direquest dengan GET. Dengan S3 Object Lambda pengembang dapat memanipulasi object sebelum diterima oleh pengguna. Fitur yang sangat menarik.

Akhir kata, Selamat ulang tahun untuk Amazon S3 yang ke-15!