re:Invent 2020: Amazon Location Layanan Map Alternatif Google Maps

1 min read

Amazon Location Layanan Map dari AWS
Amazon Location Layanan Map dari AWS (Sumber: AWS)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Pada acara re:Invent 2020 yang digelar secara virtual, AWS mengumumkan banyak layanan baru salah satunya adalah Amazon Location. Apa itu? Amazon Location adalah layanan map dan lokasi dari AWS untuk para pengembang dalam membuat aplikasi berbasis lokasi.

Saat ini Amazon Location masih dalam tahap preview namun para pengembang sudah dapat mencobanya lewat AWS Console atau pun AWS CLI. Layanan ini hanya tersedia di beberapa region saja yaitu US East (N. Virginia), US East (Ohio), US West (Oregon), Europe (Ireland), dan Asia Pacific (Tokyo).

Baca Juga
re:Invent 2020: AWS Lambda 1ms Billing

Layanan Amazon Location ini secara langsung akan berhadapan dengan pemimpin pasar yang saat ini mendominasi yaitu Google Maps. Meskipun masoh ada pemain lain seperti Apple Map dan alternatif gratis yang terkenal yaitu OpenStreetMap.

Terdapat empat tipe layanan Amazon Location yang dapat digunakan yaitu: Maps, Place Indexes, Trackers dan Geofence Collections. Mari kita bahas satu-per-satu.

Maps

Pada Amazon Location layanan Maps memungkinan pengembang untuk membuat maps dari data partner yang sudah bekerja sama dengan AWS. Saat ini partner yang bisa dipilih adalah Esri dan HERE. Dimasa depan kemungkinan besar akan ditambahkan layanan dari partner lain dan style map yang berbeda.

Dari hasil percobaan singkat yang saya lakukan, map yang disajikan tidak terlalu detil untuk kota seperti Surabaya, Indonesia. Dimana gambar bangunan tidak tampak dan nama jalan saja.

Amazon Location Map Demo
Amazon Location Map Demo

Place Indexes

Layanan Place Indexes pada Amazon Location dapat digunakan pengembangan untuk mencari tempat dari index yang disediakan oleh Esri dan HERE. Index yang digunakan mendukung pencarian menggunakan fungsi SearchPlaceIndexForPosition dimana fungsi ini akan mengembalikan nama-nama tempat dari suatu posisi, lebih dikenal juga dengan Point of Interest (POI).

Selain itu layanan ini juga mendukung fungsi SearchPlaceIndexForText dimana argumen yang digunakan untuk mencari dapat berupa teks seperti alamat, nama tempat, kota dan sebagainya.

Trackers

Layanan Tracks pada Amazon Location berfungsi untuk melakukan update lokasi dari satu atau lebih perangkat melalui fungsi BatchUpdateDevicePosition. Untuk kemudian dapat diketahui posisinya dengan memanggil fungsi getDevicePosition atau fungsi lainnya itu GetDevicePositionHistory untuk rekam jejak lokasi dari perangkat.

Geofence Collections

Layanan ini pada Amazon Location berfungsi untuk membuat perimeter atau batas bidang datar dari pada sebuah map. Dengan adanya batas ini maka beberapa fungsi dapat dilakukan seperti menghitung apakah suatu objek masih dalam batas perimeter tertentu.

Seperti halnya layanan AWS lainnya Amazon Location juga menggunakan pricing pay-as-you-go dimana biaya yang dikeluarkan tergantung dari jumlah pemakaian sumber daya.

Sebagai contoh untuk layanan Maps biaya yang harus dikeluarkan adalah $0.04 per 1000 map tiles. Dimana 1 map tile berukuran 256×256 pixel. Perhitungannya tidak terlalu mudah dan harus benar-benar diperhatikan masalah budgeting alert sehingga biaya tidak melambung tinggi. Untuk pricing lengkap dapat merujuk pada halaman Amazon Location Pricing.