re:Invent 2020: Amazon EC2 macOS Instance

1 min read

re:Invent 2020 Amazon EC2 macOS Instance
Andy Jassy CTO dari AWS pada re:Invent 2020 (Sumber: AWS)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Hajatan terbesar AWS tahun 2020 mengumumkan hal menarik pada layanan EC2 yaitu dengan hadirnya Amazon EC2 macOS instance. Ya, sekarang pengguna dapat menjalankan sistem operasi Apple macOS pada Amazon EC2.

Menurut rilis resmi dari AWS, selama beberapa tahun terakhir cukup banyak request dari pengguna untuk dapat menjalankan macOS pada EC2. Dan sekarang pada akhir 2020 hal itu diwujudkan oleh AWS dengan diluncurkannya Amazon EC2 macOS instance pada perhelatan AWS re:Invent 2020 yang digelar secara virtual karena alasan pandemi COVID-19.

Dari sisi infrastruktur Amazon EC2 macOS menggunakan mesin Mac Mini dan AWS Nitro. AWS Nitro adalah adalah hypervisor mengatur penggunaan CPU dan Memory pada virtualisasi. Selain itu Nitro juga terdiri dari komponen fisik seperti Chip dan Card untuk pengaturan jaringan dan storage.

Baca Juga
Chip M1 Apple Silicon pada MacBook Air Mengalahkan MacBook Pro

Versi macOS dan Tipe Instance

Versi sistem operasi macOS yang disediakan oleh Amazon EC2 saat ini adalah macOS Mojave 10.14 dan macOS Catalina 10.15. Untuk layanan EC2 yang digunakan adalah EC2 Dedicated Host dengan tipe instance mac1.

MacOS EC2 Instance
Pilihan OS pada MacOS EC2 Instance

EC2 Dedicated Host berarti mesin yang digunakan adalah mesin fisik bukan sebuah VM. Pricing yang diterapkan sedikit berbeda. Meskipun menggunakan satuan harga per hour tetapi sewa minimum untuk tipe dedicated host adalah 1×24 jam.

Sebagai contoh instance EC2 mac1 pada region Singapore adalah USD 1.354. Karena minimum sewa adalah 24 jam maka minimum pembayaran adalah USD 1.354 x 24 atau USD 32.496. Jadi jika ingin mencoba mac1 pastikan anda tahu pricing ini.

Baca Juga
Letak Tersembunyi Linux pada Docker for Mac dan Cara Mengaksesnya

Penggunaan Instance macOS

Amazon EC2 dengan macOS instance dapat digunakan untuk berbagai hal diantaranya adalah sebagai build machine, test machine, untuk memaket dan melakukan signing aplikasi untuk macOS, iOS, iPadOS, tvOS, watchOS dan Safari.

Pengembang dapat menjadikannya sebagai build atau render farm yang berhubungan dengan ekosistem yang membutuhkan sistem operasi macOS. Sehingga meminimalkan pembelian hardware jika memang hanya dibutuhkan secara temporer.

Mac mini yang digunakan menggunakan prosesor Intel generasi ke-8 yaitu Intel Core i7 (Coffee Lake) yang berjalan pada clock speed 3.2 GHz dengan Turbo Boost 4.6 GHz. Memory yang digunakan sebesar 32GB. Mesin ini melakukan akses ke berbagai layanan AWS seperti EBS, FSx file server Windows, S3 dan sebagainya.

Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan EC2 macOS instance.

  • Minimum penyewaan adalah 24 jam karena menggunakan EC2 Dedicated Host. Pada region Singapore 24 jam berarti sekitar USD 32.
  • Akses pada instance menggunakan SSH dan account yang digunakan adalah ec2-user
  • Untuk akses remote secara GUI dapat menggunakan VNC atau software sejenis misal NoMachine via SSH
  • Dukungan untuk chip Apple terbaru M1 dijadwalkan tersedia tahun 2021