Alibaba Cloud Bersiap Meluncurkan Desktop as a Service

1 min read

Alibaba Cloud Elastic Desktop Service
Alibaba Cloud – Elastic Desktop Service (Gambar: alibabacloud.com)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Layanan Desktop as a Service atau DaaS semakin populer. Ini terbukti dengan rencana dari Alibaba Cloud bersiap Meluncurkan Desktop as a service dalam waktu dekat. Saat ini layanan DaaS dari Alibaba Cloud masih berstatus beta. Layanan ini akan dinamakan Elastic Desktop Service (EDS).

Dikutip dari laman resmi Alibaba Cloud bahwa layanan ini akan membutuhkan software yang diinstal pada sisi client. Software tersedia untuk didownload pada sistem operasi macOS dan Windows.

Baca Juga
Tren Desktop as a Service Diprediksi Terus Tumbuh di Era Cloud Computing

Jika dilihat alasan kenapa diperlukannya software untuk diinstal pada sisi pengguna adalah karena Alibaba cloud menyediakan fitur USB redirection dari komputer pengguna ke dekstop yang ada di cloud. Dengan fitur maka perangkat keras atau hardware di komputer pengguna dapat digunakan pada desktop di cloud.

Tipe Desktop yang Disediakan

Layanan ini menyediakan beberapa tipe desktop untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tipe dan spesifikasi virtual desktop yang disediakan oleh Alibaba Cloud.

TipevCPURAMGPUSystem diskData disk
Basic Office A12GB80GB/150GB20GB, 70GB, 100GB, 150GB
Basic Office B24GB80GB/150GB20GB, 70GB, 100GB, 150GB
Advance Office A28GB80GB/150GB20GB, 70GB, 100GB, 150GB
Advance Office416GB80GB/150GB20GB, 70GB, 100GB, 150GB
Performance832GB80GB/150GB20GB, 70GB, 100GB, 150GB
Graphics423GBT4 × 0.5150GB150GB
Advanced Graphics1046GBT4 × 0.5150GB150GB
Tipe Desktop yang disediakan Alibaba Cloud

Harga Layanan

Skema harga yang ditawarkan pada layanan Elastic Desktop Service terbagi menjadi dua yaitu subcription dan pay-as-you-go.

Pada tipe subcription model pembiayaan mengharuskan pengguna untuk membayar terlebih dahulu sebelum layanan desktop digunakan. Formulasi harganya adalah:

Subscription = Unit komputasi digunakan x durasi subcription

Durasi subscription adalah 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 – 5 tahun.

Unit komputasi digunakan merujuk pada tipe desktop yang digunakan dimana terdiri dari CPU/RAM dan disk. Selain itu jika menggunakan layanan Active Directory (AD) dan Elastic IP.

Tipe pembiayaan yang kedua adalah pay-as-you-go dimana pengguna membayar berdasarkan lama penggunaan. Formulasinya adalah:

Pay as you go = Unit komputasi digunakan x durasi pemakaian (per jam)

Tipe ini cocok bagi individual atau pengguna yang lama penggunaan per bulannya tidak menentu atau fluktuatif. Sehingga utilitasi penggunaan desktop tidak terlalu sering.

Langkah Alibaba Cloud terbilang telat karena sudah banyak provider cloud yang mengusung layanan Desktop as a Service terlebih dulu sebut saja WorkSpaces dari AWS dan Virtual Desktop dari Azure.

Namun mengingat pasar segmen ini cenderung semakin besar maka langkah ini adalah salah satu langkah strategis untuk menyediakan alternatif lain bagi pengguna.

Vendor: Alibaba Cloud
Layanan: Elastic Desktop Service (EDS)
Status: Beta
URL: https://www.alibabacloud.com/product/cloud-desktop

Ringkasan layanan