Visual Studio Code Hadir untuk Windows ARM64

42 sec read

Visual Studio Code Hadir untuk Windows ARM64
Microsoft Surface Pro X berjalan pada Windows 10 ARM64 (Sumber: Microsoft)

TeknoCerdas.com โ€“ Kabar gembira datang bagi anda pengguna Microsoft Surface. Baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa Visual Studio Code hadir untuk Windows ARM64.

Visual Studio Code adalah salah satu editor teks untuk pemrograman yang paling popular saat ini. Dukungan cross-platform dan banyaknya ektensi yang dikembangkan membuat ekosistem VS Code sangat kaya. Sehingga membuat banyak pengembang berpindah ke VS Code.

Dukungan untuk versi ARM pada Windows sebenarnya sudah cukup banyak diminta sejak tahun 2017. Tentu yang meminta adalah pengembang yang menggunakan mesin berprosesor ARM seperti pada perangkat Microsoft Surface Pro.

Tim VS Code berhasil melakukan build pada Windows ARM64

Proses dukungan VS Code untuk arsitektur ARM64 pada Windows tidak hanya tergantung pada Microsoft. Hal ini karena VS Code dibangun diatas framework javascript Electron. Sedangkan Electron dibangun diatas proyek Chromium yaitu web browser open source dari Google.

Dengan ketergantungan diatas maka VS Code sepenuhnya tergantung pada Chromium agar mendukung arsitektur ARM64 pada Windows 10. Ketika Chromium mendukung ARM64 maka tim VS Code bergerak untuk mengimplmentasikannya pada Windows ARM64.

Apakah anda pengguna Visual Studio Code dan memiliki Microsoft Surface Pro? Ini tentu berita menarik buat anda.