2Africa: Proyek Facebook untuk Mengelilingi Afrika dengan Fiber Optik

54 sec read

2Africa: Proyek Facebook untuk Afrika
Proyek Kabel Bawah Laut 2Africa (Sumber: Facebook.com)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk pembaca semua. Baru-baru ini Facebook mengumumkan sebuah proyek bernama 2Africa. Dilansir dari rilis resmi Facebook 2Africa adalah proyek Facebook untuk membangun jaringan kabel bawah laut fiber optik untuk melayani benua Afrika dan wilayah Timur Tengah.

Secara teknis 2Africa merupakan salah satu proyek pemasangan kabel bawah laut paling panjang saat ini. Total panjang kabel 2Africa adalah 37,000 km dan akan menghubungkan 23 negara di Afrika, Timur Tengah dan Eropa.

Proyek 2Africa akan meningkatkan kapasitas jaringan hingga tiga kali lipat lebih besar daripada jaringan kabel bawah laut yang saat ini melayani Afrika.

Menurut perwakilan Facebook, pada proyek ini digunakan beberapa teknologi baru diantaranya adalah aluminium konduktor untuk sistem perkabelan bawah laut. Selain itu digunakan juga diimplementasikan teknologi yang membuat penggunaan sumber daya fiber optik lebih efisien yang disebut Spatial Division Multiplexing (SDM1).

Masih dikutip dari perwaklian Facebook selain penggunaan teknologi yang lebih baru pada proyek 2Africa yang tidak kalah penting adalah 2Africa didesain untuk lebih tahan terhadap gangguan dan mempunyai performa lebih baik. Kabel fiber optik pada 2Africa juga dikubur lebih dalam 50% dari biasanya – tepatnya lebih dalam 3 meter. Dengan dikubur lebih dalam maka resiko kabel rusak lebih minimal salah satu contohnya terkena jangkar kapal.

Belum lama berlalu AWS meluncurkan region baru Afrika. Sepertinya Afrika akan mengalami banyak peningkatan pada infrastruktur internet dalam waktu dekat. Dengan meningkatnya infrastruktur diharapkan roda ekonomi otomatis ikut terangkat menjadikan Afrika menjadi salah satu pasar teknologi yang patut diperhitungkan.