Tutorial FFmpeg Timer pada Video

1 min read

FFmpeg Timer
Menambahkan FFmpeg Timer

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Pada tutorial FFmpeg sebelumnya telah ditunjukkan cara menambahkan watermark dari gambar pada video. Pada tutorial FFmpeg kali ini akan ditunjukkan bagaimana menambahkan FFmpeg timer pada video. Timer pada video akan meminimalisir orang tidak bertanggung jawab yang ingin memotong-motong bagian video anda.

Tulisan ini tidak membahas cara instalasi FFmpeg dan mengasumsikan bahwa FFmpeg sudah terinstal di komputer anda. Cara paling cepat untuk instalasi FFmpeg adalah menggunakan Docker.

Baca Juga
Tutorial FFmpeg Menambahkan Watermark Pada Video

Mendownload File Video

File video yang digunakan adalah video berformat MP4 berdurasi 12 detik dengan resolusi 1280×720 pixel dan berukuran 2.5MB. Video diambil dari website Pixabay. Link dari video adalah sebagai berikut.

https://pixabay.com/videos/keyboard-typing-writing-notebook-10822/

Kunjungi alamat URL diatas kemudian download file video yang dimaksud pada satu direktori atau folder. Simpan video tersebut dengan nama video.mp4.

Menambahkan Timer pada Video

Timer akan ditempatkan pada posisi tengah dari video. Selain timer akan ditambahkan pula teks diatasnya yaitu “BelajarAWS.com”. Formula untuk menempatkan posisi ditengah video adalah sebagai berikut.

X = (lebar_video - lebar_teks) / 2
Y = (tinggi_video - lebar_teks) / 2

FFmpeg memerlukan file Font .ttf yang akan digunakan untuk menuliskan teks. Disini saya menggunakan font Arial.ttf. Pada macOS anda dapat mengambilnya dari /Library/Fonts. Pada Windows 10 letaknya ada di C:\Windows\Fonts.

Untuk memudahkan saya menyalin font Arial.ttf agar berada pada satu direktori dengan sumber video yang digunakan. Sehingga sebelum memulai pastikan video dan font berada pada direktori yang sama seperti berikut.

-rw-r--r--  1 rioastamal  staff   773236 Jun 28 16:13 Arial.ttf
-rw-r--r--@ 1 rioastamal  staff  6957569 May 27 15:26 video.mp4

Kemudian jalankan perintah ffmpeg untuk mulai menambahkan FFmpeg timer pada video.

$ ffmpeg -i video.mp4 \
-filter_complex "drawtext=Arial.ttf: timecode='00\:00\:00\:00': r=25: fontsize=56 :fontcolor=white@0.2: x=(main_w-text_w)/2: y=((main_h-text_h)/2)+25, drawtext=Arial.ttf: text='BelajarAWS.com': fontsize=36 :fontcolor=yellow@0.2: x=(main_w-text_w)/2: y=((main_h-text_h)/2)-25" -c:a copy output.mp4

Penjelasan perintah diatas adalah:

  • -i video.mp4 adalah inputan file video dan gambar yang akan digunakan.
  • -filter_complex adalah argumen untuk menambahkan filter pada video kali ini filter yang digunakan adalah drawtext.
  • fontfile=Arial.ttf lokasi font file yang digunakan.
  • fontsize=56 ukuran font yang digunakan yaitu 56, default adalah 16.
  • fontcolor=white@0.2 artinya teks warna putih dan tingkat transparansi hingga 20%.
  • timecode='00\:00\:00\:00': menambahkan timer dari jam, menit, detik, dan milidetik. r25 adalah framerate yang digunakan.
  • x=(main_w-text_w)/2 posisi koordinat X pada teks tepat ditengah sesuai dengan lebar teks.
  • y=((main_h-text_h)/2)+25 koordinat X pada teks tepat ditengah sesuai dengan lebar teks ditambah 25 karena diatasnya ada tulisan lain yaitu “BelajarAWS.com”.

Berikut ini adalah video output dari penambahan watermark menggunakan FFmpeg.