Membuat WebCam Palsu pada Ubuntu dengan v4l2loopback

1 min read

WebCam Palsu v4l2loopback Ubuntu

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Membuat WebCam palsu mungkin berguna untuk beberapa kasus. Seperti karena perangkat webcam rusak atau ingin menggabungkan beberapa input untuk streaming dan beberapa hal lainnya. Caranya pun terbilang cukup sederhana dengan bantuan FFmpeg dan kernel modul v4l2loopback.

Pada artikel ini akan ditunjukkan bagaimana membuat webcam palsu dari sumber video berupa file .mp4 atau dengan sebuah gambar statis.

Tutorial ini menggunakan Ubuntu 20.04 sebagai sistem operasi. Namun harusnya juga bisa diterapkan pada distribusi Linux yang lain dengan sedikit penyesuaian.

Daftar Isi

Install Kernel Modul untuk v4l2loopback

Kernel modul v4l2loopback pada Ubuntu bergantung pada kernel modul videodev sehingga perlu menginstal package linux-modules-extra.

$ sudo apt-get install linux-modules-extra-$( uname -r ) v4l2loopback-dkms ffpmeg

Setelah proses selesai saatnya mengaktifkan kernel modul ini. Disini akan dibuat seolah kita memiliki dua webcam yaitu webcam-vid dan webcam-pic.

webcam-vid digunakan untuk melakukan stream dari sumber file video dan webcam-pic digunakan untuk melakukan stream dari file gambar statis.

$ sudo modprobe v4l2loopback video_nr=1,2 card_label="webcam-vid,webcam-pic"

video_nr=1,2 artinya penamaan device pada /dev. Harusnya sekarang terdapat dua device baru yaitu /dev/video1 untuk webcam-vid dan /dev/video2 untuk webcam-pic.

Download Video Sumber

File video yang digunakan adalah video berformat MP4 berdurasi 05 detik dengan resolusi 1920×1080 pixel dan berukuran 3.4MB. Video diambil dari website Pixabay. Link dari video adalah sebagai berikut.

https://pixabay.com/videos/keyboard-typing-writing-notebook-10822/

Kunjungi alamat URL diatas kemudian download file video yang dimaksud pada satu direktori atau folder. Simpan video tersebut dengan nama video.mp4.

Download Gambar Sumber

File gambar yang digunakan adalah format JPEG dengan resolusi 1280×1208 pixel. File ini diambil dari website Pixabay dengan link berikut.

https://pixabay.com/photos/oldman-farmer-sufficient-4916238/

Download file tersebut dan simpan dengan nama picture.jpg.

Membuat WebCam Palsu dari Video

Pada webcam palsu yang pertama sumber akan diambil dari file video.mp4 dan akan distream ke device /dev/video1. Untuk streaming ke device v4l2loopback maka digunakan FFmpeg.

$ ffmpeg -stream_loop -1 -re -i video.mp4 -vcodec rawvideo -f v4l2 /dev/video1

Opsi -stream_loop -1 membuat agar video terus diulang-ulang. Output format yang digunakan adalah v4l2 dan diarahkan ke /dev/video1. Berikut ini tampilan webcam palsu yang menggunakan video.

Webcam Palsu Video
Webcam palsu dengan sumber video mp4

Membuat WebCam Palsu dari Gambar

Pada webcam palsu kedua sumbernya adalah sebuah gambar statis JPEG yang akan distream ke device /dev/video2.

$ ffmpeg -loop 1 -re -i picture.jpg -pix_fmt yuv420p -vcodec rawvideo -f v4l2 /dev/video2

Pada gambar opsi yang digunakan untuk loop adalah -loop 1 dan penggunakan opsi `-pix_fmt yuv420p` untuk menentukan format dari gambar. Berikut ini tampilan webcam palsu yang menggunakan gambar.

Webcam palsu dari gambar
Webcam palsu dengan sumber gambar JPEG