Shell Tips: Menjalankan Perintah Tanpa Jejak di History

1 min read

Shell Tips Menjalankan Perintah Tanpa Jejak di History
Photo by Jason Polley on Unsplash

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Setiap perintah yang diketikkan pada Terminal emulator akan disimpan pada history shell tersebut. Pada Bash kumpulan perintah yang pernah dijalankan diletakkan pada file history ~/.bash_history. TeknoCerdas akan memberikan tips bagaimana menjalankan perintah tanpa meninggalkan jejak di history shell.

Ketika sebuah perintah dijalankan shell akan menyimpan history tersebut ke dalam buffer memory dan menyimpan ke file ketika session selesai. Hal ini untuk memudahkan agar pengguna tidak perlu mengetik ulang dan cukup menggunakan panah atas untuk mengeksekusi perintah-perintah sebelumnya.

Baca Juga
Cek Saldo dan Mutasi Bank BCA dengan Bash

Sebagai contoh jika kita menggetikkan perintah berikut.

$ ls -lh /

Setelah menekan enter maka ketika panah atas ditekan pada Terminal emulator perintah ls -lh / akan muncul kembali dan siap dieksekusi.

Namun bagaimana jika perintah yang diketikkan berisi hal-hal yang sensitif seperti password. Bagaimana menjalankan perintah tanpa meninggalkan jejak di history?

Contoh berikut adalah perintah yang mengandung password.

$ mysql -u root -ppassword1234

Ketika perintah itu dijalankan otomatis perintah tersebut akan tersimpan di history dari shell. Sehingga pengguna lain yang dapat mengakses file .bash_history akan menemukan password yang digunakan.

Baca Juga
Blok Website dengan shFokus agar Produktivitas Meningkat

Gunakan Spasi Untuk Menghilangkan Jejak

Bagaimana cara untuk memberitahu shell untuk tidak merekam perintah yang dijalankan. Ternyata caranya sangat simpel. Cukup tambahkan spasi sebelum menjalankan perintah. Ya, sesederhana itu.

Menggunakan contoh perintah mysql sebelumnya.

$ mysql -u root -ppassword1234

Agar tidak terekam ke history, tambahkan spasi. (Password diganti untuk menunjukkan perbedaan).

$  mysql -u root -ppassword1233

Perintah jika panah atas ditekan pada Terminal emulator maka perintah mysql dengan password password1233 tidak akan muncul. Hal ini karena shell tidak merekamnya ke history buffer dan ketika session selesai otomatis tidak akan tersimpan di file~/.bash_history.