Apa itu MX Record dan Bagaimana Cara Kerjanya?

1 min read

Apa itu MX Record dan Cara Kerja MX Record
Photo by Lucas George Wendt on Unsplash

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Email adalah teknologi yang lebih tua dari World Wide Web (WWW). Ketika seseorang akan mengirim email ke orang yang lain maka hampir dipastikan proses tersebut melibatkan MX Record. Tulisan ini secara singkat akan membahas apa itu MX record dan bagaimana cara kerja MX record.

Ketika membahas MX record tidak bisa lepas dari apa yang disebut dengan DNS yaitu Domain Name System. Yaitu sebuah sistem yang menterjemahkan sebuah alamat domain misal teknocerdas.com menjadi sebuah alamat IP 1.2.3.4.

Anda dapat menggunakan perintah dig pada command line atau layanan online seperti Google Dig Tools untuk melakukan query MX record dari sebuah domain.

Baca Juga:
Cara Mendeteksi Email Penipuan (Phishing) Lewat Header

Apa itu MX Record?

MX record (Mail eXchanger) adalah sebuah record pada DNS yang menunjukkan alamat mail server yang bertanggung jawab untuk menerima email masuk pada suatu domain tertentu. Sebagai contoh berikut adalah MX record dari belajaraws.com.

RecordTTLTYPEPRIORITYMX Record
belajaraws.com.900MX1aspmx.l.google.com.
belajaraws.com.900MX5alt1.aspmx.l.google.com.
belajaraws.com.900MX5alt2.aspmx.l.google.com.
belajaraws.com.900MX10alt3.aspmx.l.google.com.
belajaraws.com.900MX10alt4.aspmx.l.google.com.

Bagaiamana membaca tabel MX record diatas? MX redord dari belajaraws.com terdiri dari 5 DNS record. Prioritas mail server yang harus diutamakan adalah dari record dengan nomor prioritas terendah. Berarti MX record aspmx.l.google.com harus diutamakan. Disusul dengan alt1.aspmx.l.google.com atau alt2.aspmx.l.google.com keduanya memiliki bobot prioritas yang sama sehingga dapat dipilih acak satu diantaranya. Kemudian priortias yang terakhir adalah alt3.aspmx.l.google.com atau alt4.aspmx.l.google.com.

Sehingga jika ada proses pengiriman email ke domain @belajaraws.com maka mail server pengirim akan menghubungi server yang ada pada daftar MX record dengan prioritas terendah yang utama.

MX record dapat terdiri lebih dari satu karena beberapa alasan salah satu yang utama adalah untuk load balancing. Jika mail server utama pada MX record tidak dapat melayani maka mail server pengirim akan mencoba untuk mengirim pada record berikutnya berdasarkan prioritas.

Baca Juga:
Bagaimana Mendapatkan Skor Email Sempurna pada Mail-Tester.com

Dapat diperhatikan jika domain MX record dari alamat email yang berada pada @belajaraws.com memiliki domain yang berbeda. Apa implikasinya? mail server penerima untuk sebuah domain tidak harus berada pada alamat IP yang sama dengan server domain utama. Dan memang seharusnya mail server dipisah dari server utama untuk keandalan layanan.

Maka tidak heran jika seperti kasus diatas banyak domain yang mail servernya diarahkan ke sebuah provider email tertentu misalkan GMail.

Bagaimana Cara Kerja MX Record

MX record hanya menjadi salah satu bagian dari proses panjang pengiriman sebuah email. Secara sederhana peran MX record pada saat pengiriman email pada sebuah alamat misal rio@belajaraws.com adalah sebagai berikut.

  1. Mail Transport Agent (MTA) pada mail server pengirim akan melakukan query MX record untuk belajaraws.com.
  2. MX record belajaraws.com ditemukan dan prioritas utama adalah aspmx.l.google.com.
  3. MTA akan melakukan koneksi SMTP ke mail server belajaraws.com yaitu aspmx.l.google.com untuk mengirimkan email.

Jika digambarkan lewat diagram alur maka sebuah contoh pengiriman email dari rio@teknocerdas.com ke rio@belajaraws.com akan sebagai berikut.

Cara Kerja MX Record
Cara Kerja MX Record