AWS Outposts Sekarang Tersedia di Indonesia

45 sec read

AWS Outposts sekarang tersedia di Indonesia
AWS Outposts (Sumber: AWS)

TeknoCerdas.com – Pada 27 April 2020 AWS baru saja mengumumkan lewat website mereka bahwa AWS Outposts sekarang tersedia di Indonesia. Ini adalah berita bagus bagi organisasi yang ingin menggunakan layanan AWS Outposts di Indonesia.

Dengan ketersediaan layanan ini maka AWS Outposts dapat dikirim dan diinstall di data center milik pelanggan atau pun di lokasi on-premise yang ada di Indonesia.

AWS Outposts adalah layanan dari AWS untuk melebarkan infrastruktur layanan AWS, AWS API dan semua perangkat pembantunya secara virtual ke data center manapun, co-location space atau fasilitas on-premise untuk mendapatkan performa hybrid cloud yang konsisten.

AWS Outposts secara otomatis akan melakukan koneksi ke region terdekat untuk operasional dan manajemen. Dalam kasus ini region terdekat dari Indonesia adalah Singapore.

Secara fisik AWS Ouposts adalah sebuah rak berukuran 42U yang berisi server-server yang didesain oleh AWS untuk menjalankan berbagai macam layanan AWS seperti AWS API dan tools pendukungnya.

Rack Server AWS Outposts
Rack Server AWS Outposts (Sumber: AWS)

Tujuan utama menggunakan layanan AWS Outposts tentu saja adalah untuk menurunkan latency. Selain itu pengguna juga dapat menggunakan AWS Outposts untuk memenuhi regulasi tentang data dan privasi di Indonesia.

Jika organisasi Anda saat ini berencana untuk menerapkan hybrid cloud dengan latency yang minimum AWS Outposts bisa menjadi salah satu pilihan.