Sulit Menemukan Pengelola Baru untuk Kernel Linux

1 min read

Disclaimer
Saya bekerja di AWS, semua opini adalah dari saya pribadi. (I work for AWS, my opinions are my own.)
Pengelola Baru untuk Kernel Linux
Tux sebagai Maskot Linux

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Dilansir dari ZDNet dalam sebuah perbincangan dengan Chief Open Source Software VMWare Dirk Hohndel, pencipta kernel Linux yaitu Linus Torvalds mengatakan cukup sulit menemukan pengelola baru untuk kernel Linux.

Torvalds menambahkan salah satu yang cukup menyulitkan adalah sebagai pengelola kernel Linux, seseorang harus selalu menyediakan waktunya setiap saat. Karena setiap hari pengelola kernel Linux harus membaca email, merespon email tersebut dan siap sedia jika dibutuhkan.

Melanjutkan pernyataannya, dia mengatakan bahwa Linux tidak memiliki cukup pengelola. Banyak yang berkontribusi pada penulisan kernel Linux, tapi hanya sedikit pengelolanya. Cukup susah untuk mencari orang yang melihat kode orang lain dan melakukan pengecekan kode tersebut. Itulah isu yang dihadapi oleh Linux sekarang pungkasnya.

Usia Pengembang Kernel Linux

Jawaban diatas dipicu oleh pertanyaan Dirk Honhdel, dia menanyakan bagaimana jika pengelola kernel Linux saat ini sudah pensiun. Hal itu Karena Torvalds dan pengelola lainnya sudah memasuki usia kepala lima dan enam.

Menanggapi pertanyaan diatas, Torvalds mengklaim bahwa secara keseluruhan usia pengembang yang berkontribusi pada Linux tidak terlalu tua. Banyak dari mereka belum mencapai usia 50-an. Bahkan orang-orang baru ini adalah orang yang mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya pada kernel Linux.

Torvald melanjutkan orang-orang yang sudah tiga dekade bergelut dengan pengembangan Linux mereka mungkin sudah menua dan beruban dan dipindahkan ke bagian manajemen dan pengelolaan.

Statistik Pengembangan Linux pada 2019

Dilansir dari Poronix pada 2019 kernel Linux memiliki 74.754 commit. Merupakan yang terendah sejak 2003. Komparasinya adalah pada tahun 2018 dan 2017 terdapat 80k commit, tahun 2016 terdapat 77k commit. Tahun 2015 dan 2014 terdapat 74k commit.

Selain jumlah commit jumlah pengembang yang terekam pada commit juga lebih rendah. Dimana pada 2019 terdapat 4.189 pengembang, lebih rendah dari 2018 dengan 4.362 pengembang dan 2017 dengan 4.402 pengembang.

Dilihat dari sisi kontribusi perusahaan, Intel dan RedHat adalah dua perusahaan yang paling banyak berkontribusi pada kernel Linux.

Total jumlah baris kode dari Linux per 01 Januari 2020 adalah sebanyak 19.255.242 baris.

Jika anda adalah seorang pengembang sistem yang memiliki kompetensi pada bahasa C mungkin bisa mencoba untuk menjadi pengembang kernel Linux :).