Dukungan Microsoft untuk PHP 8 pada Windows Dihentikan

1 min read

Disclaimer
Saya bekerja di AWS, semua opini adalah dari saya pribadi. (I work for AWS, my opinions are my own.)
Microsoft Menghentikan Dukungan untuk PHP 8 pada Windows
Microsoft Menghentikan Dukungan untuk PHP 8 (Logo Hak Cipta Masing-masing)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Dale Hirt selaku project manager dari Microsoft untuk PHP mengatakan bahwa dukungan Microsoft untuk PHP 8 pada Windows dihentikan. Pernyataan itu disampaikan Dale melalui email yang dikirimkan pada milis PHP internals.

Yang perlu digaris bawahi adalah Microsoft tidak akan mendukung lagi PHP versi ke 8 dan seterusnya. Tidak hanya untuk PHP versi 8 saja.

Selama ini Microsoft membantu tim dari PHP untuk perbaikan terutama masalah keamanan. Saat ini Microsoft masih mendukung PHP 7.3 dan 7.4 baik dari segi pengembangan dan pemaketan. PHP 7.4 sendiri masih akan didukung sampai 2022 secara resmi.

Namun hal itu akan dihentikan ketika PHP versi 8 muncul. Dalam emailnya Dale tidak menjelaskan secara detil apa alasan Microsoft tidak mendukung lagi pengembangan PHP 8 di Windows.

TeknoCerdas berusaha melakukan kurasi alasan-alasan lain. Dikutip dari TheRegister, Alain Williams seorang pembaca TheRegister menyimpulkan bahwa Microsoft sudah tidak menyediakan sumber daya lagi untuk PHP dan mengharapkan orang lain yang akan mengambil alih tanggung jawab Microsoft.

Salah satu alasan lain seperti yang dilansir dari TheRegister adalah market share dari web server Microsoft yaitu Internet Information Service (IIS) semakin menurun. IIS semakin tertinggal dengan Apache dan Nginx yang keduanya sangat dominan digunakan saat ini.

Solusi untuk PHP pada Windows

Langkah Microsoft ini cukup beralasan jika dilihat dari alasan diatas. Apalagi saat ini Microsoft sudah mengembangan Windows Subsystem Linux (WSL). Dengan adanya WSL menjalankan program Linux seperti PHP sudah bukan hal yang sulit lagi.

Ditambah dengan adanya pengembangan yang menggunakan container seperti Docker. Maka tidak heran jika Microsoft mengurangi sumber dayanya untuk mendukung PHP 8 versi Windows.

Anda sendiri apakah pengguna PHP pada Windows? Jika ya tentu tidak perlu khawatir karena TeknoCerdas yakin pasti ada orang lain yang akan mengambil alih tanggung jawab Microsoft. Pun jika tidak, masih ada WSL dan Docker di Windows. Sehingga menjalankan program PHP tidak akan menjadi masalah besar bagi para pengembang PHP yang menggunakan Windows.