PeachPie 1.0 Telah Dirilis

59 sec read

PeachPie 1.0 rilis
PeachPie 1.0 dirilis (Ilustrasi: Rio Astamal)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Pertengahan Maret lalu tepatnya 14 Maret 2021 PeachPie 1.0 telah dirilis setelah beberapa tahun dalam pengembangan. Dengan hadirnya PeachPie versi 1.0 dapat disimpulkan bahwa PeachPie sudah cukup stabil dan layak digunakan untuk production.

Bagi yang belum mengetahui, PeachPie adalah sebuah platform pengembangan untuk menjalankan PHP diatas platform .NET. Artinya ia memiliki compiler yang dapat menterjemahkan kode PHP menjadi Common Language Runtime (CLR) yang dapat dijalankan oleh .NET.

Baca Juga
Menjalankan PHP pada .NET Core

Dengan terhubung ke .NET maka kode PHP dapat menggunakan pustaka yang ditulis dengan C# atau sebaliknya. Menjadikan PHP salah satu bahasa yang didukung oleh .NET.

Apa yang ada di PeachPie 1.0

Pada PeachPie versi 1.0 fokus utama memilih beberapa aplikasi PHP dan framework seperti WordPress agar dapat berjalan pada .NET dengan lancar.

Beberapa poin penting pada rilis kali ini adalah.

  • Sekarang pada Visual Studio dapat melakukan built, debugging dan profiling pada project PHP.
  • Dapat menjalankan WordPress versi terbaru tanpa kode PHP. Termasuk didalamnya plugin seperti WooCommerce dan Elementor.
  • Beberapa paket Composer dapat digunakan sebagai pustaka oleh project C# contohnya Twig, PHPUnit, RandomLib dan beberapa ketergantungan pustaka dari framework Laravel.
  • Code Analysis menyediakan cara untuk melakukan diagnosa kode PHP secara mendetail.

WordPress adalah salah satu project PHP yang cukup kompleks dan sangat popular. Jika PeachPiea mampu menjalankannya maka dapat dibilang ini pencapaian yang luar biasa.

Baca Juga
Menjalankan .NET Core di Linux

PeachPiea sendiri memiliki project khusus terkait WordPress yaitu WpDotNet. Sebuah project yang tujuannya menjalankan WordPress tanpa modifikasi diatas .NET.

Jika tertarik untuk mencoba PeachPiea dapat langsung mengunjungi website resminya di https://www.peachpie.io/