Microsoft Menyerahkan Ekstensi Go untuk VS Code kepada Google

1 min read

Disclaimer
Saya bekerja di AWS, semua opini adalah dari saya pribadi. (I work for AWS, my opinions are my own.)
Ekstensi Go untuk VS Code
Logo Hak Cipta Masing-masing (Visual Studio Code 2019 icon icon by Icons8)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Tidak bisa dipungkiri VS Code (Visual Studio Code) adalah salah satu editor paling populer saat ini. Selain karena gratis dan open source kemudahan kustomisasi dan banyaknya ekstensi menjadi alasan.

Go adalah satu ekstensi bahasa pemrograman yang populer pada VS Code. Baru-baru ini Microsoft menyerahkan pengembangan ekstensi Go untuk VS Code kepada Google. Ya, saat ini pengembangan ekstensi Go pada VS Code dibawah kendali oleh Google lebih tepatnya tim Go.

Dikutip dari blog resmi Go bahwa dalam satu dekade terakhir, developer Go tergantung pada berbagai editor dan lusinan tools dan plugin yang dikembangan secara independen. Kesuksesan Go diawal salah satunya didapat karena tools pengembangan yang sangat baik yang dikembangkan oleh komunitas Go. Ekstensi Go untuk VS Code dibangun dari banyak tools tersebut yang sekarang digunakan oleh 41% developer Go.

Karena ekstensi Go untuk VS Code semakin berkembang maka membutuhkan perawatan dan dukungan penuh. Selama beberapa tahun terakhir tim Go dari Google berkolaborasi dengan tim VS Code dari Microsoft untuk membantu pengembangan ini.

Microsoft Menyerahkan Ekstensi Go kepada Google

Karena tim Go secara unik memposisikan diri mereka untuk terus mengembangkan dan meningkatkan proses pengembangan Go. Maka secara resmi Microsoft menyerahkan pengembangan ekstensi Go kepada Google yang diwaliki oleh tim Go.

Terdapat dua implikasi dari perubahan ini.

  1. Pengembang resmi dari ekstensi ini beralih dari Microsoft ke Google.
  2. Repository project yang baru untuk ekstensi Go ini berpindah ke https://github.com/golang/vscode-go.

VS Code menurut penulis adalah salah satu kesuksesan besar Microsoft pada dunia open source. Mereka mampu mendedikasikan tim khusus untuk mengembangan VS Code sehingga menjadi produk yang stabil, kaya fitur dan disukai oleh banyak pengembang.

Bahkan sama dengan developer Go saat ini VS Code menjadi code editor yang paling banyak dipakai oleh developer Rust. Ini menunjukkan bahwa dikalangan system developer pun VS Code juga populer.

Bagaimana dengan anda apakah VS Code juga adalah code editor yang anda pakai atau anda memiliki code editor favorit lain?