Browser Market Share Maret 2021

57 sec read

Browser Market Share Maret 2021
Background Photo by Oleg Laptev on Unsplash (Logo Hak Cipta Masing-masing)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Selama hampir satu dekade ini Chrome selalu menjadi browser dengan market share terbanyak. Dimana posisi masing-masing browser saat ini? Tulisan singkat ini akan membahas browser market share Maret 2021.

Menurut data dari statcounter Google Chrome menjadi pemimpin pangsa pasar browser saat ini yaitu dengan 64.19%. Sebuah angka yang bisa dibilang sangat dominan.

Baca Juga
Urutan Web Server Terpopuler Agustus 2020

Posisi kedua ditempati oleh Safari dengan 19.03%. Angka yang cukup banyak, sepertinya ini adalah sumbangsih dari banyaknya perangkat Apple yang berhasil dijual. Sehingga otomatis mengangkat market share dari Safari.

Posisi ketiga ditempati oleh Mozilla Firefox dengan 3.68% bersaing cukup ketat dengan Microsoft Edge diposisi empat dengan 3.45%. Ini seperti mengingatkan perseteruan browser yang dominan di pertengahan tahun 2000-an antara Firefox dan Internet Explorer.

Posisi kelima dan keenam masing-masing ditempati oleh Samsung Internet 3.27% dan Opera dengan 2.13%. Keduanya sepertinya mendapat banyak share dari jumlah perangat mobile. Dimana Samsung cukup dominan dan Opera seperti yang diketahui dari dulu adalah salah satu penyedia mobile web browser yang terbaik. Meskipun konsisten ada dipapan bawah bertahun-tahun sepertinya Opera menolak untuk “menyerah” diantara perang browser yang sedang terjadi.

UrutanBrowserMarket Share
#1Google Chrome64.19%
#2Safari19.03%
#3Firefox3.68%
#4Microsoft Edge3.45%.
#5Samsung Internet3.27%
#6Opera2.13%
Market share browser per Maret 2021 secara global

Dengan dominasi Chrome yang terlampau besar sebenarnya itu tidak baik untuk persaingan. Karena apa yang diimplementasikan Chrome meskipun bukan standar yang ditetapkan W3C kadang harus diikuti oleh browser lain. Karena jika tidak maka website yang dibuat spesifik untuk Chrome tidak bisa berjalan di browser lain.