Membuat Game Sendiri di Nintento Switch dengan SmileBasic 4

57 sec read

Game SmileBasic 4 Nintendo Switch
Game SmileBasic 4 Nintendo Switch (Sumber: nintendo.com)

TeknoCerdas.com – Tidak sedikit dari gamer yang punya keinginan untuk membuat game mereka sendiri. Dengan SmileBasic 4 Anda dapat membuat game sendiri dan memainkan game tersebut di perangkat Nintendo Switch secara langsung.

Jadi SmileBasic 4 sebuah game atau software pengembangan game? Bisa dikatakan masuk kategori keduanya. Menurut SmileBoom sebagai pengembang SmileBasic 4 mengkategorikannya sebagai software pemrograman.

Tampilan SmileBasic 4 pada Nintendo Switch
Tampilan SmileBasic 4 pada Nintendo Switch (Sumber: nintendo.com)

Dengan SmileBasic 4 Anda bisa membuat game Anda sendiri menggunakan bahasa pemrograman SmileBASIC. Dapat ditebak dari namanya SmileBASIC adalah bahasa pemrograman yang berbasis pada BASIC. Sebuah bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari karena syntax yang sederhana dan terasa natural dengan Bahasa Inggris.

SmileBasic 4 menyediakan code editor dimana Anda dapat mengetik kode sumber game yang dibuat. Kekurangannya tentu adalah layar yang kecil menyulitkan dalam melihat kode yang diketik. Tapi itu bisa diakali dengan menghubungkan ke TV dan menggunakan keyboard eksternal.

Kode Editor SmileBasic 4
Tampilan kode editor di SmileBasic 4 (Sumber: nintendo.com)

Selain itu disediakan pula berbagai sumber bantuan seperti sound effect dan background music dan berbagai contoh game sebagai bahan referensi.

Setelah game selesai dibuat Anda dapat langsung memainkannya pada perangkat Nintendo Switch Anda. Selain itu Anda dapat mengunggah karya game Anda ke jaringan SmileBasic 4 agar dapat dimainkan oleh pengguna lain. Namun untuk dapat mengunggah Anda memperlukan Server Ticket yang harus dibeli terlebih dahulu.

Dengan adanya proses unggah maka cukup banyak pengguna yang membagikan game buatan mereka sendiri sehingga tercipta komunitas game SmileBasic 4.

Bagaimana, tertarik untuk membuat game sendiri di Nintendo Switch?

Aksi SmileBasic 4 pada Nintendo Switch (Sumber: Youtube SmileBoom)