Belajar Bahasa Pemrograman Crystal: Bagian 1

1 min read

Belajar Bahasa Pemrograman Crystal
Logo Bahasa Pemrograman Crystal (Sumber: WikiMedia.org)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Pada tulisan ini saya akan mengajak anda untuk sama-sama belajar bahasa pemrograman Crystal yang relatif cukup baru karena masih berumur 6 tahun.

Crystal adalah salah satu bahasa yang menarik karena syntax mirip Ruby namun dengan fitur static typing secara teori membuatnya lebih aman dan superior daripada Ruby. Crystal adalah bahasa pemrograman yang open soruce dan masih aktif dikembangkan.

Baca Juga:
Belajar Bahasa Pemrograman Rust

Mengenal Crystal

Apa itu Crystal? Crystal adalah bahasa pemrograman yang mendukung Object Oriented Programming (OOP) dan memerlukan kompilasi karena terdapat pengecekan tipe data atau disebut static typing. Syntax Crystal yang mirip dengan Ruby membuatnya elegan dan membuat pengembang relatif lebih produktif.

Karena Crystal adalah bahasa yang dikompilasi bukan dijalankan dari interpreter seperti Ruby, maka secara kecepatan harusnya jauh lebih cepat.

Seperti disinggung sebelumnya bahwa Crystal adalah bahasa yang perlu dikompilasi dan terdapat pengecekan tipe data. Meskipun Crystal adalah static typing namun pada saat menulis kode Crystal pengembang hampir tidak perlu mendefinisikan tipe data atau variabel yang digunakan. Hal ini karena saat melakukan kompilasi, compiler dari Crystal menggunakan pendeteksian otomatis tipe data yang digunakan.

Untuk melakukan instalasi Crystal anda cukup mendownload file binary dari compiler Crystal sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Kemudian pastikan compiler crystal masuk pada environment PATH agar dapat dikenali pada command line.

Berikut ini adalah sebuah Hello World sederhana dengan Crystal.

$ vi hello.cr
puts "Hello World"

Sangat sederhana bukan? Bahkan tidak perlu adanya sebuah fungsi entry-point.

Kemudian lakukan kompilasi untuk menghasilkan file executable dengan perintah berikut.

$ crystal build hello.cr

Akan terdapat sebuah file binary bernama hello. Jalankan program tersebut.

$ ./hello
Hello World

Selain dengan perintah build dapat juga menggunakan perintah run dimana perintah ini akan melakukan kompilasi dan menjalankan file executable dari direktori temporer.

$ crystal run hello.cr
Hello World

Saat ini versi Crystal masih pada versi 0.35 dan belum mencapai rilis 1.0. Sehingga masih ada kemungkinan perubahan pada implementasi atau inti dari Crystal.

Variabel pada Crystal

Crystal adalah bahasa dengan tipe static typing. Artinya semua variabel yang didefinisikan harus memiliki tipe data yang berasosiasi dengannya. Berikut contohnya.

hello : String = "Hello World"
no_words : Int8 = 2
 
puts "#{hello} consist of #{no_words} words"

Tapi pada Crystal hal itu hampir tidak perlu dilakukan karena Crystal meskipun static typing tapi cara kerjanya mirip dengan bahasa dynamic typing. Dimana tidak perlu ada pendefinisian tipe data.

Potongan kode diatas dapat ditulis ulang seperti berikut.

hello = "Hello World"
no_words = 2
 
puts "#{hello} consist of #{no_words} words"

Jika dijalankan maka hasilnya harusnya sama.

Hello World consist of 2 words

Apa yang Crystal tawarkan cukup menarik. Sesuai dengan semboyannya, “seindah Ruby tapi secepat C”. Silahkan gunakan Crystal play ground untuk mencoba Crystal secara online.