Harga EBS Cold HDD Turun Hingga 40%

54 sec read

Harga EBS Cold HDD Turun
Photo by Nick van der Ende on Unsplash

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. AWS pada blog resminya mengumumkan penurunan harga hingga 40% untuk salah satu varian Elastic Block Storage (EBS) yaitu Cold HDD. Harga EBS Cold HDD turun hingga 40% atau jika diukur dalam satuan maka turun $160 dollar untuk setiap 16TB.

Dilansir dari halaman resmi EBS pricing harga dari EBS Cold HDD (sc1) saat ini adalah $0.015 dollar per GB untuk region US-East Virginia. Sedangkan untuk region Singapore harganya adalah $0.018 dollar per GB. Harga untuk antar region bisa berbeda-beda.

Baca Juga:
5 Vendor Cloud Teratas Q4 2020 Versi CloudWars

EBS Cold HDD atau sc1 merupakan varian termurah dari semua tipe varian EBS yang disediakan oleh AWS. EBS sc1 menggunakan teknologi lama yaitu piringan magnetik bukan solid state seperti yang ditemukan pada SSD.

EBS sc1 cocok digunakan untuk penyimpanan seperti backup atau data yang tidak memerlukan IOPS (Input/Output per second) tinggi. Contoh implementasi yang cocok adalah untuk Hadoop cluster, log file processing, Windows File Server dan pekerjaan yang melibatkan dataset berukuran besar.

Ilustrasi penuruan harga secara nyata dapat TeknoCerdas sederhanakan dengan ilustrasi seperti berikut. Jika dalam satu bulan penuh pada region Singapore anda menggunakan EBS sc1 sebesar 100GB maka perhitungannya adalah:

Harga = Price per GB * 100 * 1 bulan penuh
      = 0.018 * 100 * 1
      = 1.8 USD

Jika dibandingkan dengan generasi storage terbaru yang berbasis SSD gp2 maka perbandingannya adalah:

Harga = Price per GB * 100 * 1 bulan penuh
      = 0.10 * 100 * 1
      = 10 USD

Perbandingan harga sc1 hampir 1/10 dari gp2. Dengan harga EBS Cold HDD turun anda dapat menyiasit aplikasi anda yang mungkin cocok dengan tipe storage tersebut untuk mendapatkan biaya terendah.