NetFX Sebuah Virtual Desktop dari Netflix untuk Creator

53 sec read

NetFX Sebuah Virtual Desktop dari Netflix
Netflix Logo

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Raksasa layanan video streaming Netflix berencana untuk meluncurkan NetFX pada 2021 untuk para vendor, artis dan kreator di Mumbai. Jika dilihat dari pengumuman resmi Netflix dapat disimpulkan bahwa NetFX sebuah virtual desktop dari Netflix.

Hal itu dapat dilihat dari deskripsi Netflix tentang produk NetFX. Mereka mendeskripsikan NetFX sebagai sebuah cloud platform yang memudahkan kolaborator untuk membuat visual efek (VFX) yang akan diluncurkan di Netflix. Sehingga dapat disimpulkan ini adalah layanan Desktop-as-a-Service dari Netflix.

Seperti diketahui bahwa untuk membuat visual efek pembuatan film membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi apalagi untuk serial/film dalam pustaka Netflix. Tidak semua vendor atau individu memiliki komputer dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Dengan platform NetFX hal itu dapat dipecahkan dengan menggunakan virtual desktop. Vendor, artis atau individu yang terlibat dalam sebuah proyek pembuatan visual efek film dapat menggunakan komputer dekstop virtual NetFX. Semua infrastruktur disediakan oleh Netflix, kolaborator hanya memerlukan koneksi internet untuk menggunakan layanan NetFX.

Dilansir dari blog resmi Netflix layanan ini sudah masuk tahap beta dan sedang diujicobakan oleh dua partner Netflix di Kanada yaitu Frontier VFX dan Galavant VFX. Pada 2021 Netflix berencana menyediakan platform NetFX di Mumbai, India. Region lain yang mendukung penggunaan infrastruktur NetFX akan menyusul.

Netflix adalah salah satu customer terbesar AWS. Saat ini AWS memiliki layanan Desktop-as-a-Service yang dinamakan Amazon WorkSpaces. Patut diprediksi apakah NetFX Sebuah Virtual Desktop dari Netflix juga menggunakan Amazon WorkSpaces dibalik layar sebagai tulang punggung layanan tersebut.