Mozilla VPN akan Diluncurkan dalam Beberapa Pekan Kedepan

1 min read

Disclaimer
Saya bekerja di AWS, semua opini adalah dari saya pribadi. (I work for AWS, my opinions are my own.)
Mozilla VPN akan Diluncurkan
Mozilla VPN atau Firefox Private Network (Sumber: Mozilla)

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Mozilla VPN akan diluncurkan dalam beberapa pekan kedepan. Mozilla VPN yang sebelumnya bernama Firefox Private Network adalah layanan Virtual Private Network (VPN) yang dikembangkan oleh Mozilla, induk dari browser Firefox.

Dikutip dari ZDNet perubahan nama tersebut diambil setelah ekspansi layanan dari hanya sebagai ekstensi untuk browser Firefox menjadi aplikasi yang dapat melakukan routing pada level sistem operasi.

Layanan beta Mozilla VPN saat ini tersedia untuk Windows, Chromebook, Android dan iOS. Untuk Linux dan MacOS masih akan menyusul.

Harga layanan yang dipatok oleh Mozilla adalah sebesar $4.99 dollar per bulan maksimal untuk 5 perangkat.

Dalam menyediakan layanan VPN Mozilla bekerjasama dengan Cloudflare dan Mullvad VPN. Cloudflare digunakan untuk versi ekstensi browser sedangkan Mullvad akan digunakan untuk versi aplikasi.

Yang menarik adalah penggunaan Mullvad sebagai mitra layanan VPN dari Mozilla. Mullvad pada layanan servernya menggunakan VPN protokol terbaru bernama WireGuard. Protokol ini sudah masuk ke kernel utama Linux pada awal tahun 2020.

WireGuard merupakan protokol VPN terbaru yang diklaim lebih baik dari protokol IPSec atau OpenVPN.

Menurut Mozilla saat ini beta tester dari lebih 200 negara sudah melakukan sign up untuk layanan Mozilla VPN. Mereka akan mendapat jatah menjadi beta tester di luar Amerika Serikat.

Mozilla sepertinya cukup yakin dengan produk VPN mereka berdasarkan dari survey beta tester dari pengguna Amerika Serikat. Mozilla menyebut 70% dari beta tester Mozilla VPN mengatakan mereka lebih merasa aman dan independen ketika sedang online. Sebagai tambahan 83% mengatakan jika Mozilla VPN mudah digunakan.

Ditengah gempuran isu privasi yang menjadi perhatian dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. VPN adalah salah satu cara pengguna menghindari tracking pengikan selain dengan browser yang mendukung tentunya. Dengan dukungan fitur Do Not Track dan Mozilla VPN pengguna dapat “secara anonymous” berselancar didunia maya.

Tertarik untuk menjadi beta tester Mozilla VPN? Langsung saja daftar di tautan https://fpn.firefox.com/vpn